PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH SMK NEGERI 1 BLADO BERSAMA POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA (PENS)

                

Dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang digaungkan oleh Pemerintah Republik Indonesia di tahun 2020 ini, maka SMK Negeri 1 Blado yang terletak dibagian selatan Kabupaten Batang menyambut dengan antusias segala program yang digelontorkan oleh Pemerintah dengan mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki oleh sekolah yang berada di pelosok desa tepatnya di perbukitan pawon desa Cokro Kecamatan Blado. Keterbatasan sumber daya yang ada tidak menghalangi SMK Negeri Blado untuk memberikan peluang sebesar besarnya kepada peserta didik, alumni dan masyarakat desa sekitar untuk dapat meningkatkan jenjang pendidikannya.

Latar belakang masyarakat sekitar sekolah dan orang tua/ walimurid yang masih kolot, dimana anak mereka tidak diijinkan untuk jauh dari rumah merupakan tantangan yang selama ini dihadapi oleh pihak sekolah dalam memetakan program Magang/PKL maupun program penyaluran lulusan ke DuDi oleh BKK. Tetapi mengingat persaingan dalam segala bidang sangatlah ketat diantaranya Sumber Daya Manusia (SDM) dan tenaga kerja, maka dari itu sekolah tidak hanya menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan memiliki kompetensi untuk bersaing di dunia usaha dan dunia industri, tetapi sekolah juga dituntut untuk mampu menyalurkan lulusannya ke dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) atau instansi yang membutuhkan. Salah satu wujudnya dengan dilaksanakan penandatangan MoU antara Direktur Politeknik  Elektronika  Negeri Surabaya (PENS), Dr. Zainal Arief, ST., MT dengan Kepala SMK Negeri 1 Blado, Muji Listyawati, M. Pd, dan Direktur Seameolec, dan Seameo Qitep in Language, Dr., Ir., Gatot Hari Priowirjanto, yang berlangsung di Aula Gedung Pascasarjana PENS lantai 6 pada hari Rabu, 4 Maret 2020.

Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, ST., MT menegaskan bahwa prodi PJJ ini sudah mendapatkan ijin penyelenggaraan dari Kemenristek Dikti pada tahun 2017 dan telah terakreditasi B sebagaimana berikut.

• Official Web PENS: https://www.pens.ac.id/

• Official Web PJJ: http://pjj.pens.ac.id/

• Info penerimaan mahasiswa baru PJJ 2019 di Indonesia:

  https://pmb.pens.ac.id/index.php/pjj/pmbpjj-2019/ SK Prodi PJJ PENS dari           

  Kemenristek Dikti:

• Prodi D3 PJJ Teknik Informatika, SK nomor 62/M/KPT/2017, Terakreditasi B

 • Prodi D4 PJJ Teknik Telekomunikasi, SK nomor 184/M/KPT/2017, Terakreditasi B

“Hadirnya prodi PJJ ini bertujuan untuk bisa memfasilitasi peserta didik diluar Surabaya untuk bisa melanjutkan pendidikan di PENS tanpa harus datang ke Surabaya. Kendati demikian, mutu pendidikan jarak jauh ini tetap dijaga dan menjadi perhatian penting, dengan memanfaatkan model pembelajaran blanded learningonline dan offline learning,” jelas  Zainal Ariief. Sistem perkuliahan menggunakan Sistem Hybrid PJJ PENS dengan Pusat Belajar Jarak Jauh (PBJJ). Untuk mahasiswa di SMK: Kuliah Teori dilaksanakan secara online bersama dengan dosen PENS. Kuliah Praktikum Tatap Muka dilaksanakan di PBJJ bersama Tutor/Asisten dengan bagan sebagai berikut.

 • Sosialisasi PJJ PENS Aliansi 7 SEAMEO Center dan Pengembangan PBJJ – Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) :

Sarana ICT PJJ untuk mahasiswa PJJ

• Email mahasiswa (https://mail.student.pens.ac.id/): Fasilitas email untuk mahasiswa

  tatap muka dan PJJ yang dapat digunakan untuk mengkonsultasi secara online dengan

  dosen maupun mahasiswa lainnya.

• Ethol(https://ethol.pens.ac.id): fasilitas untuk pembelajaran online

• Sistem akademik dan administrasi  (http://mis.pens.ac.id/

  dan https://online.mis.pens.ac.id/): Sistem informasi akademik, FRS Online,

  administrasi online untuk mahasiswa tatap muka dan pendidikan jarak jauh (PJJ).

Dr., Ir., Gatot Hari Priowirjanto selaku Koordinator 7 Seameo Center Indonesia dalam kesempatan tersebut mendorong seluruh SMK agar mulai berpikir out of The box, terus mengembangkan sekolah melalui berbagai program kemitraan demi peningkatan mutu pendidikan dan terutama kebekerjaan tamatan baik di dalam maupun luar negeri. Karena itu, dalam program PJJ ini selain perkuliahan dilakukan secara blanded learning, mahasiswa wajib dibekali dengan kemampuan bahasa Inggris, bahasa Jepang dan kewirausahaan,” imbuhnya. Mahasiswa program ini wajib mengantongi minimal sertifikat N4 bahasa Jepang dan mendapatkan materi dari Seameo Language. Selain itu mahasiswa PBJJ di SMK Negeri 1 Blado juga dapat mengikuti Program pemagangan di SEAMOLEC yang berbasiskan projek serta terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran di sekolah/kampus. Setiap Produk yang dihasilkan wajib dijadikan suatu projek yang dapat diterapkan dalam kehidupan di masyarakat atau suatu komunitas masyarakat.

Sebuah kebanggaan tersendiri bagi SMK Negeri 1 Blado dapat bergabung dengan Program sub kampus dan diundang melakukan MoU bersama 47 SMK/SMA yang lolos dalam seleksi dari 370an lebih peserta yang mendaftar se-Indonesia.

Semoga semua Program Peningkatan dan Pengembangan Kualitas Peserta Didik yang sedang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Blado mendapatkan dukungan penuh dari seluruh civitas akademika, komite sekolah, Dinas Pendidikan Wilayah XIII, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah  dan warga sekitar SMK Negeri 1 Blado. Salam JITU!! (Jujur, Inovatif, Tangguh, Unggul).

     Kepala SMK N 1 Blado Muji Listyawati, M. Pd Bersama Direktur Seamolec Dr. Ir, Gatot Hari Priowirjanto

2 Comments to “PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH SMK NEGERI 1 BLADO BERSAMA POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA (PENS)”

  1. Semoga menjadi insfirasi buat kita dan terimkasih segala informasinya

    1. amin, terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *