28 Juli 2023

Praktisi DU/DI Mengajar di Program Keahlian AKL – SMKN 1 BLADO

Jum, 28 Juli 2023 Dibaca 53x Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Kamis, 27 Juli 2023, SMK Negeri 1 Blado, pada Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) kedatangan dua guru tamu yang menjelaskan tentang Akuntansi dan Profesi Akuntansi serta Bisnis Retail kepada peserta didik kelas X program keahlian AKL. Guru tamu yang pertama ialah Ibu Dra. Dwi Harti, M.Pd. CEO CV. Broto Joyo, Beliau merupakan Penulis Buku Akuntansi Penerbit Erlangga dan diketahui buku yang beliau tulis sudah terbit sebanyak 63 judul buku, beliau juga merupakan seorang Guru dari SMK Negeri 9 Semarang.

Narasumber menjelaskan tentang apa itu Akuntansi dan Profesi Akuntansi kepada para peserta didik kelas X AKL, beliau menjelaskan bahwa seorang akuntan mempunyai sebuah prospek yang cerah dimasa depan, karena kebekerjaannya sangat profesional, akuntable, berintegritas dan memiliki pengaruh yang besar di sebuah perusahaan. Lalu bagaimana peran seorang akuntan disebuah perusahaan?

Seorang akuntan sangatlah penting bagi sebuah perusahaan, karena berjalan tidaknya sebuah perusahaan diketahui melalui laporan yang dibuat seorang akuntan, papar Ibu Dwi Harti. Perkembangan sebuah perusahaan bisa dilihat dari analisis yang dibuat oleh seorang akuntan. Tanpa seorang akuntan, sebuah perusahaan tidak akan bisa berjalan/bertahan hidup. Apakah sebuah teknologi Artficial Intelligence (AI) dapat menggantikan posisi seorang akuntan?

Ibu Dwi Harti menjelaskan bahwa teknologi seperti AI tidak akan bisa menggantikan posisi seorang akuntan, dikarenakan sebuah teknologi semacam AI diciptakan untuk membantu seorang manusia, bukan menggantikan, dan juga seorang akuntan memiliki sesuatu yang tidak dimiliki sebuah teknologi AI, yaitu kerahasiaannya, integritasnya, dan etika profesi yang harus diatur melalui kode etika profesi.

Guru tamu yang kedua ialah Bapak Ar Ridho Pradinda Purna CEO CV dan Mini Market Sanjaya Retail, selain itu beliau juga merupakan Konsultan Bisnis Minimarket Modern dan juga seorang Youtuber. Beliau menjelaskan salah satu hal yang penting dalam memasarkan produk adalah sebuah pelayanan, yaitu pelayanan secara langsung dan pelayanan tidak langsung.

Pelayanan langsung ialah pelayanan yang sifatnya bersentuhan langsung, contohnya ialah terjadi transaksi antara seorang penjual dan seorang pembeli, beliau menjelaskan hal yang penting saat pelayanan secara langsung, ialah harus membuat seorang pembeli nyaman dengan seorang penjualnya, yaitu dengan cara senyum, salam, sapa, sopan, santun dan sigap.

Pelayanan tidak langsung ialah pelayanan yang bersifat umum, yaitu tidak bersentuhan langsung dengan seorang pelanggan, namun memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kepercayaan dan jumlah pelanggan. Contoh dari pelayanan tidak langsung ialah memeriksa kualitas produk yang kita jual dan menjaga kebersihan tempat yang kita jadikan tempat menjual.

Dalam industri retail, Akuntansi sangat dibutuhkan, karena saat ada terjadinya transaksi maka dibutuhkan sebuah pembukuan untuk mencatat stok barang, laporan pembelian, laporan penjualan, hutang-piutang, dan lain sebagainya.

Beliau juga menjelaskan saat menjual produk seorang pengusaha harus melihat kondisi harga pasar sekitar, contohnya harga sebuah produk mie instan akan lebih mahal saat ada disebuah kolam renang. Pengusaha juga harus memerhatikan apakah harga jual yang dipakai dapat menutup biaya operasional.

Narasumber menjelaskan juga didalam dunia retail, yang harus dilakukan ialah mencari ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya. Jangan terlalu memperhitungkan gaji saja dikarenakan menurut beliau ilmu yang didapat dari sebuah pekerjaan juga bermanfaat bagi masa yang akan datang.

Kesimpulannya adalah 1) Profesi Akuntansi merupakan profesi yang penting diberbagai banyak pekerjaan, dikarenakan dimana ada perusahaan/dunia industri/dunia usaha, disitu ada profesi seorang akuntansi (Akuntan). 2) Seorang penjual harus memberi kenyamanan kepada seorang pembeli dengan cara senyum, salam, sapa, sopan, santun dan sigap.

Pewarta : Arif dan Tim AKL Perbankan

1
4
5
6
3
2
previous arrow
next arrow
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Media Publikasi

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON 0285 448826
EMAIL smkn1_blado@email.com
WHATSAPP 0895400728282