BENCHMARK TO MITSUBISHI REGIONAL TRAINING CENTER (MRTC) JATENG DIY

Benchmarking adalah suatu proses mengidentifikasikan “praktek terbaik” terhadap dua produk dan proses produksinya hingga produk tersebut dikirimkan. Benchmarking memberikan wawasan yang diperlukan untuk membantu manajemen dalam memahami proses dan produknya baik dengan cara membandingkannya dengan Industri yang serupa maupun dengan Industri yang berbeda. Benchmarking dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan Tolok Ukur atau Patokan.

Tujuan utama dari Benchmarking adalah untuk memahami dan mengevaluasi proses ataupun produk saat ini sehingga menemukan cara atau  “Praktek Terbaik” untuk meningkatkan proses maupun kualitas produk. Benchmarking dapat dilakukan untuk proses produksi, produk, jasa maupun sistem dalam suatu organisasi.

MRTC merupakan training center berstandar Mitsubishi yang mengikuti konsep MMC Global Training Center. Fasilitas ini juga ada di Dubai dan Thailand. Fasilitas MRTC berjalan dengan pengawasan lansung oleh MMKSI-Training Center Jakarta. Selain itu, MMKSI juga menyediakan kendaraan praktek, tools & equipment, sertifikasi instruktur, control administration, dan akomodasi training.

MRTC Kebumen berada di Jalan Tentara Pelajar No. 94 Kebumen. Dilengkapi dengan fasilitas 2 ruang kelas technical dan 1 ruang kelas non-technical, MRTC Kebumen juga memiliki area workshop; ruang praktek, kendaraan praktek, perlengkapan dan peralatan bengkel, dormitory, kantin, dan tempat olahraga.

Kendaraan praktek yang disediakan adalah Xpander, Pajero Sport, Outlander, Mirge, T120SS, dan L300. Fasilitas ini disediakan untuk menunjang kegiatan Technical training, seperti Training for Technician (M-STEP 1, M-STEP 2, M-STEP 3, PM Training), Fleet, New Product, dan juga Non-Technical Training seperti training untuk Service Advisor/Manager Dealer Training (MSA) dan training untuk Spare Part Staff (MPT).

Pada Hari Selasa tanggal 7 Desember 2021, SMK Negeri 1 Blado melakukan kegiatan Benchmarking ke Mitsubishi Regional Training Center (MRTC) di Kebumen. Fasilitator kegiatan ini yaitu Bapak Rudy Kurniawan selaku Head Manager MRTC Kebumen. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka SMK Negeri 1 Blado menjadi sekolah binaan Mitsubishi dengan ruang lingkup :

  1. Sinkronisasi Kurikulum
  2. Diklat guru produktif
  3. Kelas Industri
  4. Magang siswa dan guru
  5. Teaching Factory
  6. Rekruitmen tenaga kerja

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.