26 Oktober 2023

Seperti Apa Berbagi versi guru itu seharusnya

Kam, 26 Oktober 2023 Dibaca 158x

Sering kita mengenal mengenai sharing atau tukar pengalaman dengan rekan sekerja, dimana pada saat tersebut saling berbagi pengalaman yang dialami seputar lingkup pekerjaan ataupun kegiatan lainnya. Hal tersebut merupakan implementasi Berbagi yang sering kita lakukan dalam keseharian. Implementasi tersebut menjadikan interaksi hubungan menjadi lebih baik dan terjaga.  Sebagai guru sudah menjadi kewajiban untuk memberikan pembelajaran yang terbaik bagi siswa siswinya mulai dari metode yang digunakan sampai model pembelajaran dan evaluasi yang diberikan. Tidak banyak guru yang memiliki pengalaman dan kesempatan yang sama, sehingga masing-masing guru memiliki perbedaan. Maka dari itu perlu adanya kegiatan Berbagi Praktik Baik yaitu ketika ada guru yang memperoleh ilmu pengetahuan atau ketrampilan baru kemudian mengimplementasikan dan membuahkan hasil yang positif dalam pengajaran maka sampaikan kepada rekan lain untuk dapat diimplementasikan pula. Sehingga peningkatan kompetensi guru yang memberikan pengalaman keberhasilan dalam praktik pengajaran dapat dimanfaatkan juga oleh rekan guru lainnya.

SMKN 1 Blado selain melalui Rapat Dinas memberikan ruang penyampaian praktik baik atau diseminasi hasil kegiatan juga memberikan ruang untuk rekan rekan guru dalam mengimplementasikan Praktik Baik dilura rapat dinas. Salah satunya yang kemarin dilakukan mengenai implementasi Kesepakatan dan Keyakinan Kelas oleh salah satu guru SMKN 1 Blado yang kemudian di laksanakan diruang rapat dengan beberapa guru. Merupakan salah satu cara dalam pengembangan dan pemerataan kompetensi guru untuk memperoleh pengalaman yang sama dalam pengajaran, sehingga implemntasi pengajaran dari masing-masing guru mendekati pengajaran yang serupa dalam penyampaian ke peserta didik.


Semoga kedepan kegiatan ini akan terus berjalan dan berbagi praktik baik ini menjadikan sebuah kesadaran bersama pentingnya kita berbagi dari implementasi positif pengajaran yang sudah dilakukan. Saya Andi Saputro sebagai Kepala Seklah saat ini sangat menyetujui ketika ada guru yang suka berbagi dari pengalaman yang sudah dilakukan dan akan selalu saya berikan ruang untuk menyampaikan pengalamannya. Sehingga guru yang satu dengan lainnya sama-sama memiliki pemahaman yang serupa tentang pengajaran terbaru dalam implementasinya.

Media Publikasi

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON 0285 448826
EMAIL smkn1_blado@email.com
WHATSAPP 0895400728282