KEGIATAN LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA (LDKS) DI MASA PANDEMI COVID-19

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan sarana Untuk melahirkan seorang pemimpin yang berdedikasi tinggi, mengerti dan cepat tanggap terhadap setiap permasalahan yang timbul, mereka tidak hanya dituntut memiliki kecerdasan dan kecakapan, tetapi juga harus memiliki jiwa kepemimpinan, rasa tanggung jawab yang besar, dapat menjadi panutan dan mengayomi terhadap anggota yang dipimpinnya.

LDKS Angkatan ke IX ini mengusung tema “Samakan Niat, Satukan Tekad, Bangkitkan Semangat” diharapkan dapat mempersatukan persepsi menyatukan tekad yang menjadi cita-cita yang akan diraih serta dapat membangkitkan semangat jiwa pemimpin bagi generasi penerus bangsa, seperti yang disampaikan oleh Kepala SMK Negeri 1 Blado Muji Listyawati, M.Pd dalam sambutan pada upacara pembukaan LDKS SMK Negeri 1 Blado yang ke IX selain itu beliau juga menghimbau dan mengajak kepada semua peserta dan panitia LDKS untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat dengan cara 3 M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan tetap menjaga jarak antar peserta).

Peserta LDKS ke IX merupakan perwakilan dari pengurus organisasi-organisasi baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 1 Blado sebanyak 81 peserta yakni MPK-OSIS sebanyak 65 Peserta, PKS sebanyak 4 peserta, PMR sebanyak 4 peserta  dan Rohis sebanyak 4 peserta, yang dilaksanakan di lingkungan sekolah selama tiga hari yakni tanggal 6, 13,14 Maret 202.

Materi-materi yang disampaikan merupakan materi yang berhubungan dengan lea Leadership dan Management Organisasi . Materi teknik komunikasi dan negosiasi merupakan materi pertama yang disampaikan oleh Muji Listyawati, M.Pd, materi ini memberikan bekal kepada peserta kegiatan agar mereka mampu menyampaikan pendapat dan berbicara didepan umum dengan bahasa yang baik dan benar serta dapat bernegosiasi dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.

Dilanjut materi kedua yang disampaikan oleh Winarto, S.Pd.,M.Si selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan dan Lingkungan menyampaikan materi berupa Kepemimpinan dan Manajemen hal ini diharapkan peserta dapat mengelola sebuah organisasi dengan baik dan dapat memecahkan masalah organisasi. Materi ketiga disampaikan oleh Sugiyono, S.Pd selaku Pembina OSIS SMK Negeri 1 Blado menyampaikan perihal Keorganisasian dan tanggungjawab dan juga tentang teknik pembuatan program kerja, proposal dan laporan kegiatan. Dilanjutkan materi dinamika kelompok oleh Panji Gilang Permadi, S.Pd selaku guru Bimbingan Konseling SMK Negeri 1 Blado.

Pada minggu berikutnya yakni tanggal 13 dan 14 Maret 2021 menghadirkan narasumber dari Koramil Kecamatan Blado dan BPBD Kabupaten Batang, materi ini membekali peserta agar lebih disiplin dan tanggung jawab dan tangguh  dalam pengelolaan suatu organisasi, dalam kesempatan kali ini dari koramil memberikan materi tentang wawasan kebangsaan dan PBB sedangkan dari BPBD Kabupaten Batang yang wakili oleh Batang Rescue (BATRES) mengadakan simulasi tentang tanggap darurat bencana.

Selain kegiatan tersebut untuk menunjukkan bakat dan kemampuan yang dimiliki peserta kegiatan pada malam hari diadakan malam keakraban dengan mengadakan pagelaran seni musik, seni tari dan drama, keesokan harinya untuk  mengasah kepedulian dan empati peserta LDKS, melaksanakan kegiatan bakti kampus dan bakti sosial, bakti kampus meliputi kegiatan bersih-bersih area kelas dan lingkungan sekitar kelas yang sudah lama tidak terpakai selama pandemi Covid-19 serta mencanangkan GPS yakni Gerakan Pungut Sampah. Bakti sosial dalam LDKS tahun ini yakni membagikan 40 paket sembako bagi orang yang kurang mampu di 4 RT sekitar SMK Negeri 1 Blado.

Kegiatan ini diharapkan lebih baik lagi ditahun mendatang dan kegiatan ini merupakan kegiatan terobosan baru di masa pandemi Covid-19 seperti disampaikan oleh Winarto, S.Pd.,M.Si  selaku pembina upacara penutupan kegiatan dan beliau juga sangat mengapresiasi semangat peserta LDKS selama kegiatan berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH SMK NEGERI 1 BLADO BERSAMA POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA (PENS)PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH SMK NEGERI 1 BLADO BERSAMA POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA (PENS)

Dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang digaungkan oleh Pemerintah Republik Indonesia di tahun 2020 ini, maka SMK Negeri 1 Blado yang terletak dibagian selatan Kabupaten Batang menyambut dengan antusias segala program yang digelontorkan oleh Pemerintah dengan mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki oleh sekolah yang berada di