21 Maret 2024

Belajar Kewirausahaan Bersama Owner Bumbu Kampung dan Forest Coffee

Kam, 21 Maret 2024 Dibaca 72x Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Senin, 19 Februari 2024 diadakan program Guru Tamu untuk program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Tema dalam kegiatan tersebut ialah “Membangun Kompetensi dan Karakteristik Peserta Didik Kelas Industri Akuntansi Perbankan dan Akuntansi Publik” yang dibawakan oleh Bapak Hasan Effendi, beliau merupakan owner dari Forest Coffe & Kedai Makan Bumbu Kampung.

Bapak Hasan Effendi menceritakan berbagai pengalamannya selama berbisnis, dari masa keterpurukan yang beliau alami hingga ia menjadi seorang pembisnis yang sukses. Menurut beliau kunci agar tetap optimis dan percaya diri dalam berbisnis ialah selalu berpikir positif, karena Bapak Hasan Effendi memiliki pola pikir bahwa “Apa Yang Kita Pikirkan, Itulah Yang Akan Terjadi Dengan Kita”. Dari pola pikir itulah beliau dapat bangkit dan melewati masa-masa sulit yang menimpa beliau selama menjalani bisnis.

Beliau juga menyampaikan bahwa salah satu hal terpenting saat berbisnis ialah sebuah ide atau gambaran untuk masa mendatang, karena sebuah usaha tidak akan bisa berjalan tanpa adanya sebuah ide. Dalam sebuah bisnis walaupun kita tidak memiliki modal, sebuah bisnis masih tetap berjalan, dikarenakan sebuah ide memiliki peran terpenting, modal bisnis bisa didapat dari meminjam bank atau bisa juga mencari investor untuk meminimalisir kerugian.

Hal selanjutnya yang Narasumber sampaikan ialah hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang pembisnis, salah satunya ialah berani keluar dari zona nyaman, dan salah satu cara untuk keluar dari zona nyaman ialah harus bisa mengambil resiko, karena seorang pembisnis harus bisa menerima sebuah resiko atas keputusan yang telah diambilnya. Jika ingin berkembang lebih jauh, dan tidak berani mengambil resiko maka ia akan tidak akan bisa berkembang karena ia tidak berani untuk menghadapi sebuah tantangan dalam berbisnis.

Hal lain yang harus dimiliki seorang pembisnis ialah memiliki inovasi dan bisa menganalisis kebutuhan orang-orang, memilih target pasar yang pas, dan memiliki perencanaan yang matang. Karena jika seorang pembisnis tidak memiliki hal-hal seperti itu maka bisa dipastikan seorang pembisnis akan mengalami sebuah kegagalan.

Dalam hal tersebut bapak Hasan Efendi berharap kisahnya dapat memberikan inspirasi bagi anak anak muda utamanya siswa siswi SMK N 1 Blado.

#Tim Jurnalis AKL Nesado#

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON0285 448826
EMAILsmkn1_blado@yahoo.co.id
WHATSAPP0895400728282