30 Oktober 2023

PEMBUKAAN PEKAN KEBUDAYAAN DAERAH (PKD) KAB. BATANG PROV. JAWA TENGAH 2023

Sen, 30 Oktober 2023 Dibaca 327x

Pada hari ini, Senin Tangal 30 Oktober 2023, Bapak Andi Saputro, S. Kom (Kepala SMK Negeri 1 Blado), dengan Ibu Herna Triyoga, S.Pd (Guru Seni Budaya SMK Negeri 1 Blado) dan Bapak Rigi Ahmad Prihandoyo, A.Md (staff Tata Usaha SMK Negeri 1 Blado) , menjadi saksi pertama kali digelarnya Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang. Acara ini dilaksanakan di halaman belakang Disdikbud Batang, dengan harapan besar menjadi awal bagi kegiatan serupa di tahun-tahun yang akan datang, sekaligus menjadi tonggak awal dalam melestarikan kebudayaan yang kaya di Kabupaten Batang.

Kegiatan ini terselenggara dari Kerjasama yang baik antara pihak Disdikbud Kabupaten Batang dan berbagai instansi serta dukungan swadaya dari berbagai pihak terkait, yaitu komunitas Kesenian dan Seniman, MGMP serta sanggar-sanggar di Kabupaten Batang. Acara pembukaan diawali dengan grand opening dari karawitan SMP Negeri 1 Pecalungan, kemudian Tari Gambyong Pareanom yang penarinya gabungan dari SMK Negeri 1 Blado dan Sanggar Jagadhita Kalisalak Batang. SMK Negeri 1 Blado diwakili oleh Ananda Salwa Sefina siswa kelas XI AKL Perbankan. Kegiatan PKD Kab. Batang diawali laporan ketua penyelenggara yaitu Bapak Bambang Suryantoro, dan dibuka oleh Bapak Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Batang Bapak Wilopo.

Selain pertunjukkan seni, pada PKD Kab. Batang juga ada Bazar yang menawarkan produk lokal dan galeri peninggalan cagar budaya Kabupaten Batang. PKD Kabupaten Batang 2023 merupakan wahana apresiasi seni yang mengedukasi dan promosi warisan budaya yang harus dilestarikan. Dengan adanya kecintaan terhadap seni dan budaya lokal dapat meminimalisir kegiatan negative di kalangan pelajar, seperti perbuatan bullying atau perundungan, menjadi budaya positif.

“Jika sebuah karya seni kaya dan vital dan lengkap, mereka yang memiliki naluri artistik akan melihat keindahannya, dan mereka yang tertarik pada etika lebih kuat daripada estetika, akan melihat pelajaran moralnya.” – Oscar Wilde

Penulis

Herna Triyoga

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Media Publikasi

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON 0285 448826
EMAIL smkn1_blado@email.com
WHATSAPP 0895400728282