6 September 2023

Peningkatan Kompetensi Guru di PT Icon+ SBU Semarang

Rab, 6 September 2023 Dibaca 240x

Norma Silfiana Robed merupakan guru SMK Negeri 1 Blado yang mendapatkan kesempatan dalam mengembangkan kompetensi melalui Kegiatan Guru Magang di PT Icon+ SBU Semarang berawal senin tangal 21 Agustus 2023. Dalam kegiatan Guru Magang, guru berkesempatan untuk belajar mengenai tugas-tugas perusahaan secara langsung. Selama kegiatan magang di PT Icon+ guru mendapatkan tugas di beberapa divisi. Ini bertujuan agar Guru magang benar-benar terlibat secara langsung dalam tugas-tugas yang ada di perusahaan, sehingga guru magang dapat lebih memahami tugas yang ada di masing-masing divisi. Banyak pengalaman yang di dapatkan selama magang di perusahaan tersebut, mulai dari management pembagian tugas di perusahaan hingga pengalaman di bidang teknis.

Pada Divisi Activasi Corporate membantu melakukan aktivasi user baru dan memastikan routing internet gateway.Konfigurasi perangkat aktif seperti ONT, OLT, Modem, jalur internet agar berjalan dengan baik dari server hingga sampai ke user. Divisi Aktivasi Corporate mempunyai tugas khusus untuk pemasangan baru terutama berkaitan dengan bisnis/perusahaan, tugas yang pertama untuk aktvasi user Bank Mandiri di Demak. Selanjutnya bertugas di Divisi Customer Solution, divisi ini membantu sales dan pelanggan untuk memetakan kebutuhan pelanggan. Sehingga pelanggan bisa menentukan layanan sesuai dengan kebutuhan.

Divisi Customer Solution juga menjembatani antara Divisi sales dan Divisi Pembangunan untuk menentukan jalur dan perangkat apa saja yang di butuhkan untuk melayani pelanggan. Hari berikutnya bertugas di Divisi NOC dan gangguan, Divisi NOC memonitoring kerja semua layanan melalui server yang terpusat, jika terjadi kendala maka tim gangguan akan ke lapangan untuk mengatasi kendala yang ada, dalam kesempatan ini guru magang belajar untuk memonitoring jaringan internet melalui aplikasi Zabbix. Selain itu guru magang juga mengikuti sharing session power system untuk server dengan Divisi Pembangunan. Pekan selanjutnya bertugas di bagian Gudang, ada 3 gudang yang dimiliki oleh perusahaan. Gudang pertama bertempat di Srondol gunanya untuk perangkat Dismantle ( perangkat yang sudah digunakan ), Gudang yang kedua di ungaran diguankan untuk perangkat aktiv baru, yang ketiga adalah gudang untuk penyimpanan kabel.

Gudang di ungaran melayani mitra yang ingin menggunakan peralatan. Pekan selanjutnya bertugas di Divisi Activasi retail, divisi ini melayani activasi user baru di rumah-rumah ( FTTH), guru magang di tugaskan di daerah Tengaran,Salatiga. Bertugas untuk memastikan infrastruktur yang dipasang mitra berfungsi dengan baik, bertugas untuk melakukan aktivasi user baru memastikan routing, internet gateway, konfigurasi perangkat aktif seperti ONT, OLT, Modem, jalur internet berjalan dengan baik dari server hingga sampai ke user.

Menurut Norma selain tugas-tugas tersebut, juga merasakan lingkungan kerja yang nyaman, rekan kerja yang selalu semangat, komunikasi yang bagus, kompak saling dukung dan saling menyemangati, bersedia membantu tanpa diminta. Semoga semua hal yang di dapatkan selama magang dapat bermanfaat dengan baik untuk kemajuan pendidikan di SMK N 1 Blado Kedepannya.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Media Publikasi

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON 0285 448826
EMAIL smkn1_blado@email.com
WHATSAPP 0895400728282