30 April 2024

DISEMINASI HASIL KEGIATAN UPSKILLING DAN RESKILLING BBPPMPV BIDANG MESIN DAN TEKNIK INDUSTRI TAHUN 2024

Sel, 30 April 2024 Dibaca 27x SDM

Pada saat pelaksanaan kegiatan rutin rapat dinas guru dan karyawan SMK Negeri 1 Blado tanggal 24 April 2024, salah satu agendanya yaitu pemaparan Diseminasi Hasil Kegiatan Upskilling dan Reskilling BBPPMPV Bidang Mesin dan Teknik Industri. Diseminasi ini diisi oleh Bapak Ari Mardiyanto, S.Pd, guru Program Keahlian teknik Ketenagalistrikan SMK N 1 Blado, yang telah mengikuti program tersebut selama 3 minggu  dari tanggal 18 Februari sampai dengan tanggal 9 Maret 2024 di Cimahi. Bapak Ari menyampaikan bahwa pelaksanaan program upskilling dan reskilling yang diikuti terdiri dari tiga tahapan yaitu pelatihan selama 100 JP di BBPPMPV BMTI, uji kompetensi selama 2 hari dan magang industri selama 5 hari di PT. Global Pratama Powerindo.

Dalam diseminasi ini Bapak Ari menyampaikan sepintas mengenai pembelajaran yang dilakukan yaitu yang terdiri dari pemaparan materi fondasi, materi inti dan kegiatan praktikkum ketenagalistrikan. Materi fondasi yang diajarkan terkait Implementasi Kurikulum Merdeka, Perubahan Pola Pikir, Kewirausahaan, Kepemimpinan dan Pedagogik. Sedangkan untuk materi inti dan kegiatan praktikkum ketenagalistrikan meliputi Konsep dan Perencanaan Building Electrical, Drawing Standards, Jobsheet Hotel Room-Commercial Building Electrical Installation, Safety and Security, Jobsheet Interconnection Commercial Building Electrical Installation. Hasil administratif yang didapatkan yaitu sertifikat Pelatihan,  Sertifikat Uji Kompetensi, dan Sertifikat Magang Industri.

Beliau juga menyampaikan bahwa harapannya kegiatan Upskilling dan Reskilling dari BBPPMPV jika dibuka kembali nantinya dapat diikuti oleh seluruh guru kejuruan yang ada di SMK N 1 Blado. Hal ini dikarenakan selain mendapatkan pengetahuan, sertifikat dan pengalaman, kegiatan semacam ini dapat menjadi gerbang terbukanya kerjasama dengan industri, seperti hasil yang didapatkan sekarang yaitu kerjasama bersama PT. Schneider Electric Indonesia (MoU), PT. Global Pratama Powerindo (Tempat saat Magang Industri) dan PT. Surya Utama Putra (Tempat saat Kunjungan Industri).

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Media Publikasi

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON 0285 448826
EMAIL smkn1_blado@yahoo.co.id
WHATSAPP 0895400728282