6 Juli 2024

Kepala SMKN 1 Blado Berbagi Pengembangan TEFA di SMK Gondang Wonopringgo

Sab, 6 Juli 2024 Dibaca 22x

Pekalongan, Kamis, 4 Juli 2024 – SMK Gondang Wonopringgo merupakan SMK Pusat Keunggulan, kembali menunjukkan komitmennya dalam peningkatan kualitas pendidikan dan lulusannya. Dengan kegiatan workshop pengembangan Teaching Factory (Tefa) menghadirkan kepala SMKN 1 Blado Bp. Andi Saputro, S.Kom sebagai narasumber dan Bp. Bapak Basikun, S.Pd., M.M dari SMKN 1 Alian.

Melalui sambutan pembukaan Bp. Arif Hermawan, S.Si menekankan pentingnya terus belajar dan menggali pengalaman mendapatkan ilmu baru dalam dunia pendidikan guna mempersiapkan alumni yang siap kerja dan tangguh dalam bekerja. Beliau mengajak semua guru untuk ikut mengembangkan pengetahuan dalam dunia pendidikan “mari bersama-sama memajukan pendidikan melalui SMK Gondang kita ini dengan terus menggali ilmu guna kebaikan bersama” kata beliau dengan penuh semangat.

Selanjutnya kepala SMKN 1 Blado selaku narasumber pertama menyampaikan konsep Teaching Factory dalam SMK dan perannya bagi masyarakat, tefa juga menjadi ajang pengukur kompetensi peserta didik dalam berkarya dalam bentuk produk atau jasa yang penilainya masyarakat. Sehingga skill, attitude menjadi tolok ukur penilaian yang harus dilakukan. Standar Operasional dan Quality Control industri menjadi instrumen penentu dalam pelayanan Teaching Factory.

Penguatan pengembangan Teaching factory harus didukung oleh semua guru dan karyawan, baik sebagai customer pertama, dan seterusnya juga sebagai uji coba instrumen kepuasan pelanggan demi meningkatnya pelayanan teaching factory. Tim tefa yang ada disekolah juga jangan patah semangat ketika mendapatkan masukan dari rekan guru atau karyawan, tetappi menjadi stimulus dalam memperbaiki jasa pelayanan atau produk yang dihasilkan.

Workshop ini menjadi langkah nyata SMK Gondang dalam peningkatan pengembangan Teaching Factory yang ada di sekolah, dengan workshop ini diharapkan semua guru dan karyawan mampu memberikan dukungan dan melaksanakan pembelajaran teaching factory menjadi lebih efektif dan berkualitas, sehingga mampu mencetak alumni yang unggul dan berkompeten.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab yang berfokus pada kiat dan konsep menciptakan serta memelihara pangsa pasar teaching factory agar terus bertahan. Narasumber menambahkan bahwa kita harus ikut hanyut dalam perkembangan jaman dan teknologi berikut juga ketika dalam menjalankan pemasaran jasa teaching factory.

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON0285 448826
EMAILsmkn1_blado@yahoo.co.id
WHATSAPP0895400728282