Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Raganya Jayalah Hidupnya – Program Pendidikan Karakter Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Blado Tahun 2022

Pembangunan karakter dan pendidikan karakter menjadi suatu keharusan karena pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik cerdas, juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun sehingga keberadaannya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna baik bagi dirinya maupun orang lain.

Pendidikan karakter adalah pendidikan untuk “membentuk kepribadian sesorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang , yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras dan sebagainya. Dunia pendidikan diharapkan sebagai motor penggerak untuk memfasilitasi pembangunan karakter, sebab apa-apa yang terjadi dimasyarakat kita sebenarnya menyangkut masalah karakter, seperti kekerasan, korupsi, manipulasi, kebohongan-kebohongan dan perilaku menyimpang lainnya, berangkat dari pendidikan.

Adapun pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dilakukan dengan berbagai metode yang dapat dilakukan salah satunya, SMK Negeri 1 Blado bekerjasama dengan Komando Distrik Militer (KODIM) 0736 Batang sebagai upaya pembentukan karakter Peserta Didik khusunya Kelas X dengan jumlah siswa 396 Anak.

Kegiatan ini bernama “Program Pendidikan Karakter Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Blado” dengan Tema “Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Raganya Jayalah Hidupnya”. Yang dilaksanakan di Agro Wisata Selopajang Timur Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Dengan bentuk Kegiatan Pendidikan Karakter SMK Negeri 1 Blado Tahun Pelajaran 2021/2022 yaitu : PBB ( Peraturan Baris Berbaris ), Motivasi Meraih Kesuksesan, dan Penggunaan Kompas untuk menentukan Koordinat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.