2 November 2023

Belajar Mengelola Perusahaan Retail Bersama Ramayana Departemen Store

Kam, 2 November 2023 Dibaca 72x Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Rabu, 25 Oktober 2023, SMK Negeri 1 Blado mengadakan jumpa Guru Tamu untuk Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas Industri XI AKL Retail. Tema dalam program Guru Tamu ini yaitu “Meningkatkan Kompetensi dan Karakteristik Kelas Industri Retail Bersama Ramayana Departemen Store” yang di bawakan oleh Ibu Astuti Nur Azizah.

Materi yang diberikan diawali dengan menyampaikan motivasi dan tips untuk PKL yang akan dilakukan oleh Kelas XI AKL Retail. Pada Industri Retail hal yang paling penting adalah skill bersosialisasi dan berkomunikasi, oleh sebab itu peserta didik diwajibkan berlatih softskill dari sekarang seperti memperbaiki attitude , melatih komunikasi dengan orang lain, dan lain sebagainya. Menurut beliau softskill lebih susah untuk dilatih dan dipelajari daripada hardskill , karena hardskill bisa dipelajari lebih mudah jika softskill kita sudah terlatih.

Narasumber juga menjelaskan ketika masa PKL, peserta didik diharapkan bisa mencari pengalaman sebanyak banyaknya dan beliau juga menyampaikan bahwa setelah masuk ke dunia kerja/industri, pekerjaan yang didapat belum tentu sama dengan apa yang dipelajari.
Ibu Astuti juga memaparkan agar bisa mencari pengalaman sebanyak-banyaknya ketika mendapat pekerjaan yang tidak sesuai, dikarenakan bisa saja pengalaman tersebut malah menjadi peluang dimasa depan.

Beliau juga menjelaskan bahwa Ramayana mempunyai visi menjadi solusi fashion utama bagi masyarakat Indonesia. Ramayana mempunyai misi untuk memberikan pengalaman berbelanja yang unik saat berbelanja di Ramayana. Ramayana lebih memfokuskan ke fashion, Ramayana juga mempunyai supermarket, bidang usaha supermarket 70% food dan 30% non food.

Materi selanjutnya yang dijelaskan beliau ialah tentang hal-hal dasar yang ada di Ramayana, yang pertama ialah Target , target yang dimaksud disini ialah nilai dari suatu produk barang yang harus dijual oleh tim penjualan dalam kurun waktu tertentu di area penjualan yang sebelumnya sudah ditentukan. Inventory , yaitu persediaan yang harus dimiliki. Promosi , yakni upaya untuk memberitahukan dalan menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Margin , yakni persentase keuntungan dari produk atau jasa yang dijual. SDM , yaitu semua orang yang ada dalam rantai pasokan usaha.

Hal yang selanjutnya disampaikan oleh Ibu Astuti ialah tentang standar kerja di Ramayana, nama-nama peralatan yang biasanya digunakan di Ramayana, dan standar penampilan yang dikenakan di Ramayana.

Penulis : Zaira Bintang Adiwijaya

Editor Agus Nur Ikhsan Kurniawan, M.Pd,

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Media Publikasi

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON 0285 448826
EMAIL smkn1_blado@email.com
WHATSAPP 0895400728282