2 November 2023

Literasi Keuangan Yukk… bersama BPR BKK Jateng (Perseroda) KC. Batang

Kam, 2 November 2023 Dibaca 92x Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Jum’at, 27 Oktober 2023, telah dilaksanakan Praktisi Dunia Kerja Mengajar di SMK Negeri 1 Blado untuk program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) Kelas Industri XI Perbankan dan Kelas Industri XI Akuntansi Publik.

Diadakannya program tersebut, untuk mrmbangun kompetensi dan karakterisitik peserta didik kelas industri perbankan. Guru tamu yang diundang adalah Bapak FATHUL AMIN, SE. beliau merupakan Direktur PT. BPR BKK Jateng (Perseroda) KC. Batang.

Bapak Fathul Amin menceritakan berbagai pengalamannya saat didunia kerja, dan ia juga menjelaskan materi tentang hal-hal yang dibutuhkan didunia industri perbankan. Beliau menjelaskan bahwa hal terpenting di perbankan ialah bisa menjaga kepercayaan dan kenyamanan customer, dikarenakan bank merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari orang yang kelebihan dana dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada orang yang kekurangan dana dalam bentuk kredit, jadi sangat penting bagi bank untuk bisa menjaga kepercayaan dari masyarakat.

Narasumber juga menjelaskan bahwa bank bisa dibilang seperti perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, oleh sebab itu seorang pegawai bank harus bisa memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik kepada customernya. Pegawai bank juga harus memiliki skill bersosialiasi yang baik, dikarenakan tugas pegawai bank ialah berhadapan langsung dengan konsumen.

Didunia kerja perbankan banyak tantangan dan kesulitan yang muncul, seperti target tidak terpenuhi, munculnya bank-bank baru yang menjadi persaingan, dan lain sebagainya. Bapak Fathul Amin menjelaskan bahwa cara-cara untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan cara membuat teamwork kerja yang kuat, membuat strategi agar bisa mencapai target terpenuhi.

Bank merupakan aset yang sangat penting bagi negara, dikarenakan bank menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional kearah peningkatan taraf hidup rakyat banyak.

Dengan demikian, peserta didik kelas XI AKL Industri Perbankan harus memiliki softskill, yaitu dapat dipercaya atau amanah, bisa memberikan kenyamanan kepada customer, memberikan pelayanan terbaik, dapat bersosialiasi dengan baik, dapat mengambil solusi apabila terjadi banyak masalah, dapat bekerja sama dengan tim/teamwork, dan berintegritas.

Penulis : Arif Hidayat

Editor : Agus Nur Ikhsan Kurniawan, M.Pd,

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON0285 448826
EMAILsmkn1_blado@yahoo.co.id
WHATSAPP0895400728282