23 April 2024

Pelaksanaan Uji Kompetensi Kehlian (UKK) Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Negeri 1 Blado Tahun Pelajaran 2023/2024

Sel, 23 April 2024 Dibaca 44x Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Pada tanggal 19 dan 22 April 2024, SMK Negeri 1 Blado menggelar Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) bagi siswa program keahlian Teknik Komputer Jaringan dan Telekomunikasi (TJKT) untuk Tahun Pelajaran 2023/2024. UKK ini merupakan tahapan penting dalam menilai kemampuan siswa dalam bidang teknologi informasi.

Menariknya, dalam pelaksanaan UKK ini, SMK Negeri 1 Blado mengundang dua penguji eksternal yang berpengalaman di bidang teknologi informasi, yaitu Bapak Luqman Arumanandi, S.Pd. dari PT Indonesia Comnets Plus, serta Bapak Era Yunianto, M.Kom. dari STIMIK Widya Pratama Pekalongan. Kehadiran penguji eksternal ini diharapkan dapat memberikan penilaian yang obyektif dan mendalam terhadap kemampuan siswa.

Salah satu tugas yang dikerjakan oleh siswa sebagai bagian dari UKK adalah melakukan troubleshooting keamanan jaringan pada jaringan WAN. Tugas ini dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah keamanan yang mungkin timbul dalam jaringan luas.

Dalam menyelesaikan tugas ini, siswa diharapkan dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari selama proses pembelajaran. Mereka diuji untuk dapat menangani berbagai masalah keamanan jaringan seperti melakukan pemblokiran situs, bloking file, bloking ping dan bloking akses internet pada waktu tertentu.

Kepala Program Keahlian TJKT SMK Negeri 1 Blado, Ibu Norma Silfiana Robed, S.Pd. menyatakan, “Kami berharap melalui UKK ini, siswa dapat menunjukkan kemampuan yang telah mereka pelajari selama ini. Dengan adanya penguji eksternal yang berkompeten, diharapkan hasil UKK dapat menjadi gambaran yang akurat tentang tingkat keahlian siswa dalam bidang TKJ.”

Bapak Luqman Arumanandi, S.Pd. selaku penguji eksternal juga menambahkan, “Tugas troubleshooting keamanan jaringan pada jaringan WAN ini penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia nyata di bidang teknologi informasi. Dengan menyelesaikan tugas ini, diharapkan siswa dapat menguasai keterampilan yang diperlukan untuk menjaga keamanan jaringan dalam lingkungan yang kompleks.”

Melalui UKK dan tugas yang diberikan, SMK Negeri 1 Blado memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menghadapi situasi nyata di dunia kerja. Semoga melalui proses ini, siswa dapat terus berkembang dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Penulis Berita : Tim Jurnalis TJKT Nesado

ukk4
ukk3
ukk2
ukk6
ukk5
previous arrow
next arrow
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Media Publikasi

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON 0285 448826
EMAIL smkn1_blado@yahoo.co.id
WHATSAPP 0895400728282