STUDI TIRU TEACHING FACTORY SMK NEGERI 1 BLADO KE SMK MIKAEL SURAKARTA

Januari 2022 SMK Negeri 1 Blado mengunjungi SMK Mikael Surakarta terdiri dari Tim Pusat Keunggulan yaitu Kepala Sekolah, Manajemen sampai dengan Kepala Program Keahlian. Kegiatan ini bertujuan bagi SMK Negeri 1 Blado sebagai upaya untuk belajar dan mencari informasi terkait penerapan Kurikulum Merdeka Belajar yang sama-sama sebagai Sekolah Pusat Keunggulan dalam penerapannya di kegiatan pembelajaran maupun pengembangan Teaching Factory.

Kegiatan kunjungan ini dimulai dari pemaparan dan diskusi dari pihak SMK Mikael mulai dari diskusi penerapan jadwal blok, analisis kurikulum, pelaksanaan pembelajaran yang mengutamakan project dari pesanan industry, pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK). Setelah pemaparan dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan ke bengkel dan tempat produksi, setiap siswa bekerja seperti di pabrik dengan perbandingan satu mesin satu siswa dan pola kolaborasi serta penerapan budaya kerja setelah kegiatan praktik selesai. Melalui kegiatan ini SMK Negeri 1 Blado memperoleh ilmu yang bermanfaat untuk bisa ditiru dan diterapkan di sekolah tentunya dengan menyesuaikan segala kekurangan yang masih ada di SMK Negeri 1 Blado.

Meskipun kunjungan hanya dilaksanakan satu hari dengan waktu yang singkat karena bertepatan dengan hari jumat, pertemuan dapat berjalan dengan lancar dan semua point-point yang menjadi tujuan SMK Negeri 1 Blado untuk kegiatan studi tiru dapat berjalan dengan lancar. Semoga kerjasama dan hubungan baik ini bisa tetap terjalin sehingga SMK Negeri 1 Blado bisa menjadi SMK Pusat Keunggulan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.