Sejarah SMKN 1 BLADO

SMK Negeri 1 Blado berdiri pada tanggal 5 April tahun 2012, sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Batang Nomor 148/2012 dan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga nomor 421.3/011/2013 tentang Izin Operasional. Pada tahun pertama berdiri SMK Negeri 1 Blado hanya memiliki satu Kompetensi Keahlian, yaitu Teknik Kendaraan Ringan dengan jumlah siswa 40 siswa. Pada tahun pertama berdiri SMK Negeri 1 Blado menempati gedung milik SMP Negeri 1 Blado dan gedung UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Blado. Pada tahun 2014, tepatnya pada hari Senin tanggal 6 Januari 2014 SMK Negeri 1 Blado resmi menempati gedung baru yang terletak di Dukuh Bendo Bungkus, Desa Cokro, Kecamatan Blado. Peresmian gedung baru diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga pada saat itu yaitu Bapak Gigih Sayogo, S.H., M.Hum. dan dihadiri oleh jajaran Muspika Kecamatan Blado dan tokoh masyarakat.

Bapak Suyanta, S.Pd, M.Si., adalah kepala sekolah pertama di SMK Negeri 1 Blado, beliau telah memimpin sekolah ini selama 5 tahun, sejak sekolah berdiri dari tahun 2012 hingga 2017.

SMK Negeri 1 Blado terletak sekitar 2 km di sebelah utara pusat Kecamatan Blado dan berada di pinggir jalan raya yang merupakan jalur kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Blado dengan Kecamatan Pecalungan. Tepatnya berada di Jalan Raya Blado-Kalipancur km 2 Desa Cokro. Kondisi geografis SMK Negeri 1 Blado yang berada di ketinggian 500-1000 mdpl yang termasuk dalam daerah pegunungan, membuat suasana sekolah menjadi sejuk dan nyaman

Adapun batas-batas wilayah SMK Negeri 1 Blado adalah :

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan pemukiman warga dukuh Bendo Bungkus Desa Cokro
  2. Sebelah Selatan berbatasan dengan lahan perkebunan berupa lahan kayu sengon
  3. Sebelah Barat berbatasan dengan lahan perkebunan berupa lahan kayu sengon dan cengkeh
  4. Sebelah Timur berbatasan dengan jalan raya dan ladang perkebunan

Dengan diapitnya SMK Negeri 1 Blado dalam posisi yang banyak lahan kosong perkebunan sangat menmungkinkan untuk SMK Negeri 1 Blado melakukan perluasan lahan bangunan.

Pada umumnya  di wilayah Kecamatan Blado masyarakat memperoleh hasil utama adalah pertanian dan perkebunan, dalam pengelolaan hasil bumi daerah tersebut lebih banyak terdistribusi ke Pasar Kecamatan Blado yang berjarak + 2 Km dari Sekolah yang kami selenggarakan.

Melihat dari data di atas, SMK Negeri 1 Blado cukup kondusif untuk mengadakan kegiatan pembelajaran, karena jauh dari keramaian, transportasi yang menghubungkan sekolah dengan daerah sekitarnya juga tidak suliti karena dekat dengan jalan raya, sehingga mudah dijangkau oleh semua siswa dari segala penjuru. Dengan dekat dari pemukiman penduduk diharapkan adanya kerja sama yang baik dan dapat memberikan dukungan dalam bermasyarakat di luar sekolah secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *