SHARING PRAKTIK BAIK – STUDI BANDING SMK NEGERI 5 KENDAL DI SMK NEGERI 1 BLADO

Ditunjuknya SMK Negeri 1 Blado menjadi salah satu pelaksana program SMK Pusat Keunggulan Sektor Kerja Sama Luar Negeri berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22/D/O/2021 Tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Tahun 2021 membuat perubahan besar pada perjalanan kegiatan di SMK Negeri 1 Blado.

Program SMK Pusat Keunggulan merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud Tahun 2021 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya. 

Selaras dengan hal tersebut berbagai kegiatan untuk mendukung kegiatan tersebut sudah dilaksanakan oleh SMK Negeri 1 Blado. Konsep 8+i yang didengungkan san menitikberatkan peran dunia industri menjadi sesuatu yang harus dilaksanakan. Dan setelah hampir 6 bulan pelaksanaan program ini, maka tibalah waktunya untuk kegiatan terakhir yaitu Sharing Praktik Baik dengan SMK Negeri 5 Kendal.  

Kegiatan Sharing ini diawali dengan sambutan dari Kepala SMK Negeri 5 Kendal mengucapkan terimakasih sudah memberikan kesempatan untuk berbagai pengalaman dalam menerapkan kurikulum paradigm baru kemudian disambut oleh Kepala SMK Negeri 1 Blado sekaligus memberikan paparannya terkait best practice “Pembelajaran Tematik” yang sudah dilaksanakan di SMK Negeri 1 blado. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Desember 2021. Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kepala SMK N 5 Kendal, Tim Manajemen, berikut bapak ibu guru perwakilan dan tentunya Tim Manajemen SMK Negeri 1 Blado beserta staf waka dan Kepala Program Keahlian.

Dalam paparannya, Kepala SMK Negeri 1 Blado, Ibu Muji Listyawati, M.Pd, menyampaikan perjalanan dan perjuangan membuat strategi jadwal kolaborasi, pembelajaran tematik dengan roh Gerakan Sekolah Menyenangkan sampai dengan gelar karya yang disajikan sebagai pengganti kegiatan penilaian semester siswa kelas X. Setelah pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan berdiskusi antar tim masing-masing yang berkepentingan untuk sharing ilmu dan pengalaman.

Ditutup dengan pemberian kenang-kenangan oleh SMK Negeri 5 Kendal sebagai ucapan terimakasih kepada SMK Negeri 1 Blado. Semoga kegiatan ini bisa menjalin kerjasama antar sekolah untuk saling berbagi dan mendukung dalam mencapai kesuksesan program SMK Pusat Keuanggulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.