28 Agustus 2023

Upacara Bendera

Sen, 28 Agustus 2023 Dibaca 155x

SMK Negeri 1 Blado setiap pukul 07.00 hari Senin pada hari efektif melaksanakan upacara bendera, terkecuali terdapat upacara peringatan hari besar dalam satu minggu berjalan. Kegiatan ini bukan hanya menjadi rutinitas saja tetapi menjadikan warga sekolah lebih disiplin. Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman karakter disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab.

Penanaman tersebut bukan hanya kepada Peserta Didik melainkan juga terhadap guru dan karyawan semuanya. Penanaman karakter inilah menjadkan Upacara Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik dalam penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung dalam setiap tata urutan upacara bendera di sekolah.

Dengan Upacara bendera bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan patriotisme serta melatih kedisiplinan dan memiliki makna penghormatan atas jasa para pahlawan Indonesia yang telah memperjuangkan kemerdekaan. Andi Saputro selaku Kepala Sekolah juga menegaskan upacara juga melatih mental dan fisik karena dengan upacara kita akan mengetahui seberapa kuat diri kita (fisik) dalam mengikuti upacara apalagi dibawah terik matahari pagi yang menyehatkan.

Upacara bendera bukan hanya menjadi bagian dari kegiatan sekolah, namun juga menunjukkan kebersamaan dan kesatuan warga sekolah. Selain itu ada beberapa hal kenapa upacara bendera hari senin di SMKN 1 Blado dilaksanakan :

  • Dalam upacara bendera, seluruh warga sekolah diajarkan untuk menghargai lambang kebangsaan dan rasa cinta pada Indonesia

  • Melalui upacara bendera, seluruh warga sekolah diajarkan untuk selalu disiplin dan bertanggung jawab atas tugasnya

  • Dalam upacara bendera, siswa diajarkan untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan berbudi pekerti luhur

  • Di dalam upacara bendera, siswa diajarkan tentang rasa solidaritas sebagai satu bangsa yang majemuk.

Media Publikasi

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON 0285 448826
EMAIL smkn1_blado@yahoo.co.id
WHATSAPP 0895400728282