3 Agustus 2023

Kegiatan Praktisi Dunia Kerja Mengajar di SMK Negeri 1 Blado Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan dan Telekomunikasi (TJKT)

Kam, 3 Agustus 2023 Dibaca 138x Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Pada hari Jum’at, 28 Juli 2023 kemarin, SMK Negeri 1 Blado mengadakan kegiatan Praktisi Dunia Kerja Mengajar di SMK Negeri 1 Blado  bekerja sama dengan PT. PLN Icon Plus Regional Jawa Tengah. PT. PLN Icon Plus sendiri merupakan salah satu penyedia layanan internet yang sudah lama bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Blado, selain program guru tamu juga bekerja sama dalam pembangunan Laboratorium Fiber Optic dan juga Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang siswa.

Pada kesempatan kali ini PT. PLN Icon Plus diwakili oleh Kak Luqman Arumanadi, S.Pd. dan Kak Natasya selaku Costumer Solution dari PT. PLN Icon Plus Regional Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan agenda rutin PT. PLN Icon Plus dengan SMK Negeri 1 Blado utamanya pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan dan Telekomunikasi (TJKT) kelas XI TKJ Infrastruktur Jaringan.

Materi yang diberikan oleh Kak Luqman selaku guru tamu diantaranya  Sharing Session tentang Fiber Optic, Bagaimana Cara Kerja Fiber Optic, Implementasi Fiber Optic di lapangan, dan Praktik Menyambung Kabel Fiber Optic (Splicing). Pada kegiatan ini, siswa terlihat sangat antusias dan bersemangat mendengarkan materi yang diberikan oleh guru tamu dan juga praktik karena bisa mendapatkan ilmu dari praktisinya secara langsung yang sebelumnya hanya mereka dapatkan dari Bapak/Ibu Guru Produktif TJKT. Kegiatan yang berlangsung selama lebih kurang 8 jam pelajaran ini jadi tidak terasa karena antusiasnya siswa-siswi SMK Negeri 1 Blado terhadap materi yang diberikan oleh narasumber.

Setelah selesai materi dan praktik Penyambungan Kabel Fiber Optic diadakan sesi tanya jawab atau wawancara dengan narasumber (Kak Luqman dari PT. PLN Icon Plus) yang dipandu oleh salah satu siswa XI TJKT yaitu ananda Yuni Mirawati. Pada sesi tersebut ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber seputar teknologi fiber optic dan peluang kerja di PT. PLN Icon Plus. Dari hasil wawancara tersebut kak Luqman menjelaskan bahwa tujuan dari kerjasama antara SMK Negeri 1 Blado dengan PT. PLN Icon Plus untuk membentuk peserta didik menjadi tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri, dan juga memastikan ketersediaan layanan internet di SMK Negeri 1 Blado.

Di sesi akhir wawancara Kak Luqman memberikan kesan, pesan dan sarannya kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Blado terutama kelas XII yang sebentar lagi akan terjun ke dunia kerja, yaitu perbanyak wawasan dan rasa ingin tahu, rajin menggali informasi, banyak belajar dan perbaiki kompetensi terutama dalam bidang TJKT. Beliau menambahkan “Orang yang pintar tanpa informasi yang tepat dia akan susah mendapatkan pekerjaan, jika kita punya wawasan kemudian ada momen yang tepat maka dia akan mudah dalam memperoleh pekerjaan yang diimpikan”. Beliau juga menambahkan peluang bekerja PT. PLN Icon Plus selalu ada terutama untuk siswa-siswi atau alumni jurusan TKJT SMK Negeri 1 Blado karena saat ini PT. PLN Icon Plus sedang melakukan pengembangan besar-besaran dan itu membutuhkan tenaga kerja yang juga banyak, jika ada lowongan pekerjaan pihak PT. PLN Icon Plus akan melakukan sharing atau membagi informasi kepada pihak sekolah dan terbuka pagi lulusan TJKT terutama yang sudah pernah berada Kelas Industri karena dinilai punya pengalaman yang lebih banyak dibanding yang lain, sehingga peluangnya untuk diterima di PT. PLN Icon Plus menjadi lebih besar.

Kegiatan ini sangat terasa sekali manfaatnya baik bagi sekolah, guru, maupun siswa-siswi SMK Negeri 1 Blado pada khususnya, mereka jadi terbuka wawasan dan ilmu pengetahuannya terutama dalam bidang teknologi fiber optic. Para siswa juga menjadi lebih optimis dan termotivasi untuk menjadi salah satu bagian dari PT. PLN Icon Plus suatu saat nanti. Siswa SMK Negeri 1 Blado khususnya dari  program keahlian TJKT berharap kegiatan seperti ini bisa terus berjalan di waktu yang akan datang karena bisa menambah wawasan dari peserta didik.

Pewarta : Yuni Mirawati & Fadhlu Wibowo

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Media Publikasi

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON 0285 448826
EMAIL smkn1_blado@email.com
WHATSAPP 0895400728282