SHARING KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PENGIMBASAN SEKOLAH PUSAT KEUNGGULAN SMK SE-KABUPATEN BATANG

Ditunjuknya SMK Negeri 1 Blado menjadi salah satu pelaksana program SMK Pusat Keunggulan Sektor Kerja Sama Luar Negeri untuk Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22/D/O/2021 Tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Tahun 2021 membuat perubahan besar pada perjalanan kegiatan di SMK Negeri 1 Blado.

Kegiatan Sharing ini dilaksanakan pada hari rabu tanggal 30 Maret 2022 bertempat di Ruang Aula SMK Negeri 1 Blado dan dihadiri oleh Kepala Sekolah serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Kabupaten Batang. Narasumber pada kegiatan Sosialisasi Kurikulum Merdeka yaitu Ibu Muji Listyawati, M.Pd selaku Kepala SMK Negeri 1 Blado yang merupakan Sekolah Pusat Keunggulan di Kabupaten Batang. Dalam paparannya beliau menyampaikan terkait penerapan kurikulum merdeka belajar dengan tema “OBOR JITU” berisi segala praktik baik terdiri dari:

  1. Analisis SWOT, Strategi, Visi dan Misi
  2. Slogan dan Value
  3. Jadwal Kolaborasi, Sistem Blok Tematik dan Implementasinya.
  4. Suasana Pembelajaran, Penerapan GSM
  5. P5BK
  6. Gelar Karya
  7. Kurikulum Prototype

Melalui kegiatan ini SMK Negeri 1 Blado berharap SMK-SMK baik negeri maupun swasta yang berada di wilayah Kabupaten Batang mempunyai gambaran terkait penerapan kurikulum merdeka belajar. Mengelola pembelajaran dengan pola paradigm baru sehingga mencetak genarasi bangsa yang sesuai dengan passionnya. Guru bisa saling berkomunikasi dan berkolaborasi untuk menciptakan pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan dan memberikan project-project riil yang sesuai dengan tuntutan industry.

Leave a Reply

Your email address will not be published.