3 Mei 2024

Teaching Factory (TEFA) TJKT SMK Negeri 1 Blado : Memperkuat Keterampilan Melalui Perbaikan Jaringan di Seluruh Ruangan SMK Negeri 1 Blado

Jum, 3 Mei 2024 Dibaca 38x Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Di era digital saat ini, keahlian dalam bidang teknologi informasi dan jaringan semakin penting. Untuk menciptakan generasi muda yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja, SMK Negeri 1 Blado telah memperkenalkan program Teaching Factory (TEFA) di Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT). Melalui TEFA, para siswa diberikan kesempatan untuk terlibat langsung dalam memperbaiki jaringan di dalam ruang SMK. Program ini bertujuan mempersiapkan siswa untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

TEFA adalah konsep pendidikan yang menggabungkan pembelajaran teori dan praktek dalam lingkungan yang menyerupai kondisi kerja nyata. Dalam konteks TJKT SMK Negeri 1 Blado, ini berarti siswa diberi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam perbaikan dan manajemen jaringan komputer.

Setiap siswa dikelompokkan dan ditugaskan untuk mengelola dan memperbaiki jaringan di ruang-ruang tertentu di sekolah. Mereka diberi tanggung jawab untuk merawat PC, melakukan perbaikan jaringan, dan menangani berbagai infrastruktur jaringan seperti Fiber Optic, Mikrotik, Point to Point, dan lainnya. Dengan demikian, siswa tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga menerapkannya dalam situasi nyata.

Siswa juga belajar untuk menyesuaikan diri dengan berbagai kebutuhan dan tantangan yang mungkin mereka temui dalam pekerjaan sehari-hari sebagai teknisi jaringan. Mereka diajarkan untuk menganalisis dan memecahkan masalah berdasarkan kebutuhan spesifik setiap ruangan yang mereka kelola.

SMK Negeri 1 Blado berkomitmen untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dan up-to-date. Dengan pendekatan praktis dan berorientasi industri yang diambil oleh program TEFA, siswa dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja dengan percaya diri dan siap menghadapi tantangan apa pun yang mungkin muncul.

Dengan demikian, SMK Negeri 1 Blado, melalui implementasi TEFA di Jurusan TJKT, telah menunjukkan bagaimana pendidikan vokasional dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar kerja. Dengan memberikan siswa pengalaman praktis dan keterampilan yang diperlukan, mereka membantu membentuk generasi baru teknisi jaringan yang siap untuk sukses di era digital ini.
Dengan adanya program TEFA di SMK Negeri 1 Blado, harapan terbesar adalah siswa dapat memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh untuk menjadi teknisi jaringan yang handal dan siap kerja. Program ini diharapkan dapat menjadi model bagi lembaga pendidikan lainnya dalam mengimplementasikan pendekatan praktis dalam kurikulum mereka.

Penulis Berita : Tim Jurnalis TJKT Nesado

tefa1
tefa2
tefa3
tefa4
tefa5
tefa8
IMG-20240320-WA0028
IMG-20240320-WA0030
previous arrow
next arrow
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Media Publikasi

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON 0285 448826
EMAIL smkn1_blado@yahoo.co.id
WHATSAPP 0895400728282