10 Agustus 2023

Workshop Pemanfaatan Sarana Prasarana Pendukung Teaching Factory (TeFa) (Hari Ke-1)

Kam, 10 Agustus 2023 Dibaca 201x Sarana Prasarana

Pada hari Kamis, 3 Agustus 2023 SMK N 1 Blado melaksanakan salah satu program SMK PK Skema Reguler di bidang kerja sama dan keselarasan dengan dunia kerja yaitu kegiatan Workshop Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendukung Penyelenggaran Teaching Factory (TeFa). Tujuan dari kegiatan ini yaitu sebagai berikut :

  1. Penyusunan Program Penyelenggaraan TeFa/Reviu implementasi TeFa,
  2. Peningkatan kualitas pembelajaran TeFa (Meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menghasilkan produk (barang/jasa) sesuai dengan standar industri),
  3. Peningkatan kualitas pengelolaan TeFa (BLUD (untuk SMK negeri)

Hadir sebagai narasumber yaitu Bapak Agus Trimarwanto, S.Pd salah satu pencetus konsep TeFa di SMK N 1 Karanganyar Jawa Tengah. 

Kegiatan ini diikuti oleh bapak/ibu tim manajemen, pengurus USMAN, dan pengampu mapel produktif serta PKK. Kegiatan ini diawali dengan pemberian sambutan oleh Kepala SMK N 1 Blado, Bapak Andi Saputro, S.Kom. Beliau menyampaikan bahwa yang yang menjadi PR kita adalah agar produk-produk TeFA SMK N 1 Blado bisa dikenal dan diketahui masyarakat sekitar sehingga mereka bisa menggunakan jasa/produk dari SMK kita.

Sesi kedua yaitu pemaparan materi dari Bapak Agus Tri. Pada kesempatan kali ini, beliau menyampaikan materi mengenai praktek penyelenggaraan TeFa dari mulai mengenal apa itu konsep dasar TeFa, tahapan TeFa dan bagaimana melakukan analisis produk.

Beliau menyampaikan kunci dalam pembelajaran TeFa adalah adanya keselarasan antara dunia industri dengan sekolah. Jadi bagaimana caranya sekolah bisa menciptakan budaya kerja industri dalam aktivitas sehari-hari peserta didik, bukan hanya fokus pada menjual jasa/produknya.

Bapak Agus Tri juga berbagi pengalaman dengan menceritakan proses TeFa yang sudah berjalan di SMK N 1 Karanganyar yaitu dengan membuat produk-produk kewirausahaan berbagai produk makanan dan juga pembuatan Jersey untuk jurusan tata busana. Dalam sesi ini juga beliau melakukan sesi sharing implementasi Tefa yang ada di SMK N 1 Blado di jurusan listrik dengan Bpk. Ari Mardiyanto, S.Pd. Dari jurusan teknik ketenagalistrikan sendiri SMK N 1 Blado memproduksi panel tenaga surya. Dan beberapa prosuk lainnya yaitu sabun cuci piring dan baju, jasa service, dan jasa servis komputer maupun cetak kalender.

Selain itu narasumber kita juga menyampaikan masukan yang luar biasa mengenai tahapan evaluasi dari penyelenggaran TeFa yang bisa dilakukan 3-4 bulan sekali. Tahapan tersebut yaitu Analisis Produk,  Analisis Evektifitas Pengerjaan Produk dan Analisis produk dari sisi marketing dan segmentasi pasar. Dari analisis-analisis tersebut kita dapat melakukan perencanaan untuk membuat projek kegiatan TeFa.

Kegiatan workshop ini ditutup dengan kesimpulan bahwasanya penyelenggaran TeFa di SMK N 1 Blado sudah baik namun perlu dilakukan evaluasi menyeluruh pada praktek pembelajarannya dan memunculkan budaya industrinya sehingga implementasi Tefa bisa berjalan maksimal dan produk/jasa yang dihasilkan bisa betul-betul dipasarkan di luar sekolah.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

SMK Negeri 1 Blado

NPSN 69756066
Jl. Blado-Kalipancur KM.02 Desa Cokro Kecamatan Blado
TELEPON0285 448826
EMAILsmkn1_blado@yahoo.co.id
WHATSAPP0895400728282